Selasa, 15 Juni 2010

Keramik Plered Makin Menawan

Tujuh negara dari Benua Eropa dan Amerika tertarik terhadap kerajinan keramik buatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar). Ketertarikan tujuh negara itu diketahui saat keramik Plered dipamerkan dalam Arbiente Messe, di Frankfurt, Jerman, pada 13-17 Februari 2009 lalu. Di antara tujuh negara yang tertarik dengan keramik Plered ialah Amerika, Jerman, Belanda, Yunani, Turki, Polandia, dan Tanzania.

Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta, Maman Rosama, mengatakan, Arbiente Messe merupakan forum eksibisi berkelas dunia yang mempertemukan pembeli dan penjual sedunia.

Selanjutnya, Purwakarta (Jawa Barat) bersama DI Yogyakarta, DKI Jakarta, dan Bali diminta Depertemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) mewakili Indonesia untuk memasarkan produk kerajinan pada forum eksibisi Arbiente Messe tersebut. "Produk-produk kerajinan yang dipamerkan di Jerman itu harus memenuhi tiga kriteria, yakni dining, giving, dan living," katanya, di Karawang, Rabu (4/3).

Dikatakannya, dining berarti kerajinan yang merupakan karya tangan, giving ialah cinderamata, dan living merupakan kerajinan rumah. "Penyelenggara pameran tidak menerima kerajinan yang tidak memenuhi tiga kriteria itu," katanya.

Sementara itu, terkait dengan ketertarikan tujuh negara terhadap keramik Plered, Maman mengaku pihaknya tengah menjajaki kerja sama dengan Balai Besar Keramik di Bandung dan sejumlah perguruan tinggi yang disiapkan untuk konsultan teknis.


Sumber :
http://regional.kompas.com/read/2009/03/04/17522527/keramik.plered.makin.menawan
15 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar