Selasa, 15 Juni 2010

Situ Buleud Purwakarta


Buleud berarti bundar (bulet). Jadi, Situ Buleud dapat juga disebut Situ Bundar. Nama Situ Buleud ini diambil berdasarkan dari bentuk situ yang berupa lingkaran (bundar). Situ ini terletak tidak jauh dari pusat kota atau Pemkab Purwakarta. Merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Purwakarta selain Waduk Jatiluhur, Sentra Keramik Plered dan Gunung Parang. Situ ini tepatnya terletak di Jl. Singawinata, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Seperti yang KarIn amati ketika jalan-jalan ke situ yang lokasinya sering dijadikan ruang pameran atau bazaar ini, Situ ini tampak ditata dengan cukup baik, dilengkapi pepohonan yang rindang dan kebersihannya pun cukup terjaga. Secara tata kota, situ ini diposisikan sebagai terbuka hijau (RTG) atau kita biasa sebut taman kota yang ada di Purwakarta. Lebih dari itu, selain dimanfaatkan khususnya oleh warga lokal (Purwakarta) untuk bersantai, pacaran, bermain kartu, makan siang, olahraga, juga tempat memancing, dimana semuanya gratis (kecuali parkir), keberadaan perpustakaan daerah Purwakarta di lokasi situ ini memberikan banyak pilihan bagi pengunjung.

Menurut berbagai sumber yang KarIn telusuri, karena di Perpustakaan Purwakarta sendiri sayangnya tidak tersedia, Situ ini dulunya merupakan tempat mandi Binatang Badak, ketika Purwakarta masih berupa wilayah hutan, dan masih menjadi bagian Kabupaten Karawang, maka tidak heran jika ditepi situ itu terdapat patung Badak. Baru kemudian pada tahun 1830, Situ ini dibangun oleh RA. Suriawinata, Pendiri cikal bakal Purwakarta. (Deni Andriana)


Sumber :
http://www.karawanginfo.com/?p=3523
15 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar